SUSUNAN NASKAH

Halaman pertama naskah terdiri atas: Judul Artikel, Identitas Penulis (nama penulis, asal dan alamat institusi, serta e-mail korespodensi), dan Abstrak berbahasa Indonesia beserta kata kunci. Halaman kedua dan selanjutnya dimulai dengan Abstract (dalam bahasa Inggris beserta keywords), Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (bila ada), Daftar Pustaka, Lampiran Tabel atau Gambar (beserta judul tabel atau legenda gambar).

Naskah berupa ulasan, analisis kebijakan, atau catatan penelitian tidak harus ditulis berdasarkan susunan naskah hasil penelitian dalam PEDOMAN PENULISAN JURNAL AGROSAINS DAN TEKNOLOGI. Ketentuan untuk naskah berupa catatan penelitian adalah maksimum 5 halaman termasuk Tabel dan Gambar. Selain itu, Pendahuluan dan Metode ditulis singkat dan tanpa abstrak.

FORMAT PENULISAN

Agar naskah dapat dipublikasikan, penulis diharapkan untuk mengikuti format penulisan sesuai dengan PEDOMAN PENULISAN JURNAL AGROSAINS DAN TEKNOLOGI. Naskah diketik menggunakan Microsoft Word atau Open Office-Text Document dan disimpan dalam format file dokumen (.doc). Kertas yang digunakan berukuran A4 (21.0 cm X 29.7 cm) dengan batas tepi (margin):

Atas (top): 3 cm
Bawah (bottom): 3 cm
Kiri (left): 4 cm
Kanan (right): 3 cm
Judul (bahasa Indonesia dan Inggris) ditulis menggunakan huruf kapital (UPPERCASE) dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 12 bercetak tebal (bold) berspasi antar kalimat (line spacing) 1.5 dan spasi pindah baris (after spacing) 12 pt. Maksimal judul terdiri dari 12 kata. Semua nama penulis ditulis lengkap menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata (Capital Each Word) dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 12 bercetak tebal (bold) berspasi antar kalimat (line spacing) 1.5 tanpa spasi pindah baris. Penulis utama diberi tanda bintang (*) di belakang namanya. Catatan kaki menggunakan angka dengan kurung tutup yang diketik pangkat (superscript) dipasang dibelakang nama penulis untuk menunjuk asal instansi penulis. Nama instansi penulis beserta alamatnya ditulis lengkap menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata (Capital Each Word) dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 12 berspasi satu (single) antar kalimat (line spacing) tanpa spasi pindah baris. Alamat instansi penulis dituliskan secara lengkap dan detil beserta kode pos dan nomor kontak telepon yang dapat dihubungi. Instansi dan alamat tersebut tidak perlu ditulis berulang apabila terdapat penulis dengan asal instansi dan alamat yang sama, cukup berikan pangkat angka yang sama dibelakang nama-nama penulis bersangkutan. Alamat e-mail yang dituliskan merupakan milik penulis utama sebagai korespondensi yang dapat dihubungi via surat elektronik oleh pembaca.

Penulisan abstrak baik yang berbahasa Indonesia dan Inggris terdiri atas satu paragraf, maksimum 200 kata dan diketik dalam spasi single, dan kalimat pertama menjorok 0.5 cm. Abstrak mencakup pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan utama secara ringkas. Kata kunci ditulis setelah abstrak, maksimum 5 kata selain kata dalam judul dan diurutkan berdasarkan abjad

Isi artikel menggunakan huruf Times New Roman berukuran 12 dengan spasi antar kalimat (line spacing) 1.5 serta spasi pindah baris (after spacing) 12 pt kecuali abstrak (baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris). Tiap awal paragraf (first line) menjorok 0.5 cm. Isi naskah artikel berjumlah 10 – 16 halaman dan diberi nomor halaman.

Penulisan sub judul (Pendahuluan, Bahan Dan Metode, Hasil Dan Pemba-Hasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka) ditulis rata tengah (center) dengan huruf kapital dan tidak menggunakan nomor. Sub-sub judul ditulis kapital di setiap awal kata (Capital Each Word) kecuali kata sambung, selain itu huruf dicetak tebal (bold) dan rata kiri (align text left) dengan penomoran huruf kapital.

Penulisan nama organisme harus diikuti dengan nama ilmiahnya di dalam kurung secara lengkap pada pengungkapan pertama. Nama ilmiah ditulis miring (italic), sedangkan nama penemu dari nama ilmah dan kata seperti var. ditulis tegak (contoh: Elaeis guineensis Jacq). Penyebutan nama ilmiah selanjutnya dapat disingkat pada kata pertamanya (contoh: E. guineensis).

Penulisan desimal menggunakan titik ( . ), sedangkan penulisan ribuan dipisah-kan oleh tanda koma ( , ). Penulisan satuan menggunakan Standar Internasional (SI). Satuan ditulis menggunakan spasi setelah angka (contoh: 37 oC, bukan 37oC), kecuali untuk menyatakan persen (contoh: 0.8% bukan 0.8 %). Exponen negatif digunakan untuk menyatakan satuan penyebut (contoh: mg L-1, bukan mg/L).

Penulisan singkatan (akronim) perlu dijabarkan terlebih dahulu di penulisan pertama yang dilanjutkan singkatannya dalam tanda kurung.

Penomoran diberi dengan urutan:
A. huruf kapital,
1. angka,
a. huruf kecil,
1) angka buka kurung,
a) huruf kecil buka kurung dan seterusnya.

Seluruh Tabel dan Gambar yang dimasukkan dalam artikel harus dirujuk dalam teks. Teks dan Gambar tersebut perlu dilampirkan pada lembaran terpisah di lembaran terakhir naskah dalam ukuran asli. Gambar juga bisa dilampirkan dalam bentuk file asli berformat JPEG (.jpeg) atau PNG (.png). Sedangkan untuk Tabel dapat berbentuk file asli berformat Excel/Spreadsheet (.xls).

A. Tabel

Seluruh tabel harus dirujuk dalam teks. Tabel harus dituliskan dalam format tabel dari Microsoft Excel atau Open Office-Speadsheet (xls.) di lembaran terakhir artikel dan perlu disertakan file aslinya terpisah dari file artikel. Tabel berukuran maksimal 14 cm X 20 cm pada kertas tegak (portrait) atau 20 cm X 14 cm pada kertas mendatar (landscape).

Setiap Tabel diberi nomor secara berurutan. Judul tabel ditulis singkat namun lengkap menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dengan spasi antar kata satu (single) dan tanpa spasi antar baris. Isi Tabel ditulis dengan huruf Times New Roman dengan ukuran 10 – 12. Tabel dibuat tanpa garis vertikal. Catatan kaki menggunakan angka dengan kurung tutup yang diketik pangkat (superscript). Tanda satu bintang (*) atau dua bintang (**) digunakan untuk menunjukkan pengaruh nyata analisis ragam (anova) berturut-turut pada taraf kesalahan 5% dan 1%. Jika digunakan taraf nyata yang lain, gunakan simbol tambahan.

B. Gambar

Seluruh gambar harus dirujuk dalam teks dan diberi legenda di bagian bawah gambar (ilustrasi) dengan spasi satu (single) antar kalimat. Gambar yang dilampirkan bersama artikel berukuran maksimal 14 cm X 20 cm pada kertas tegak (portrait) atau 20 cm X 14 cm pada kertas mendatar (landscape). Gambar atau ilustrasi yang dilampirkan dalam bentuk file asli menggunakan resolusi tinggi dan kontras yang baik dalam format JPEG (.jpeg) atau PNG (.png). Resolusi minimal untuk foto adalah 300 dpi (dot per inch), sedangkan untuk grafik dan line art adalah 600 dpi. Gambar hitam putih harus dibuat dalam mode grayscale, sedangkan gambar berwarna dalam mode RGB.

Semua gambar dalam Jurnal AGROSAINS dan TEKNOLOGI akan dipublikasi di OJS (jurnal.pertanian-umj.ac.id) dalam semua mode warna baik hitam putih (grayscale). maupun berwarna (RGB), tetapi khusus versi cetak hanya dalam mode hitam putih (grayscale). Keterangan di dalam gambar harus jelas, jika ukuran gambar diperkecil maka semua tulisan harus tetap dapat terbaca. Grafik statistik disertai dengan file data sumbernya (program Microsoft Excel) untuk memudahkan pengaturan (editing) percetakan.

C. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad dari nama akhir penulis pertama. Pustaka dengan nama penulis (kelompok penulis) yang sama diurutkan secara kronologis. Apabila ada lebih dari satu pustaka yang ditulis penulis (kelompok penulis) yang sama pada tahun yang sama, maka huruf ‘a’, ‘b’ dan seterusnya ditambahkan setelah tahun. Ketentuan untuk pustaka sebagai rujukan antara lain:

Sumber pustaka (jurnal, paten, disertasi, tesis, prosiding, dan buku teks) yang aktual (minimal 80% pustaka ditulis dalam 10 tahun terakhir),
Proporsi jurnal minimal 80%,
Membatasi jumlah pustaka yang mengacu pada diri sendiri (self citation),
Merujuk pada minimal 1 naskah yang telah diterbitkan di Jurnal Agronomi Indonesia,
Sebaiknya penggunaan pustaka di dalam pustaka, buku populer, dan pustaka dari internet dihindari,
Pustaka dari internet yang dapat digunakan adalah jurnal dan pustaka dari instansi pemerintah atau swasta,
Makalah yang dipresentasikan di suatu seminar atau simpo-sium tetapi tidak dipublikasikan dalam suatu prosiding atau media publikasi ilmiah lain tidak diperbolehkan sebagai rujukan,
Abstrak tidak diperbolehkan sebagai rujukan.
Pustaka ditulis menggantung (hanging) 0.5 cm pada baris kedua. Judul Pustaka ditulis dengan huruf kapital di awal kata (Capital Each Word), kecuali kata penghubung.